Esensi Membaca Buku

Posted: September 20, 2013 in Curcol, Kuliah
Tags: , ,

Hari ini saya habiskan dengan mencoba kebiasaan baru. Mencoba membaca buku dalam durasi yang cukup lama. Aku tau membaca itu adalah kunci tuk membuka jendela dunia. Jendela yang dapat menambah wawasan cara berpikir dan pengetahuan kita akan dunia luar tersebut.
Buku yang ibarat jendela yang terkunci jika kita tidak membacanya. Berjuta informasi,pengetahuan,penemuan baru dan sumber imajinasi bersumber dari buku.
Saya menuju salah satu perpustakaan milik universitas ternama di kota ini. Saya langsung menuju ke rak buku yang khusus membahas tentang bahasa.  Bidang ilmu yang saat ini saya geluti memang unik menurut saya. Bayangkan, referensinya berasal dari luar negeri. Dan hampir semua inti materi bersumber dari buku-buku terbitan luar negeri tersebut.

Awalnya memang menarik dengan sumber bacaan yang beragam dan sangat banyak. Namun ternyata semua malah menjadi sedikit masalah. Ketika sumber ilmu itu tak mudah dipahami. Saya membaca ² buku saat itu. Tiga jam berlalu, namun saya hanya bisa menyelesaikan chapter 2 dari masing-masing buku. Saya merasa waktu terlalu sempit tuk memahami lebih detil tentang semua pembahasan buku-buku ini. Saya merasa waktu tuk memahami terjemahan kata-kata dari buku lebih banyak daripada waktu untuk mencerna infomarsi yang ingin disampaikan melalui buku ini. Ibaratnya, saya merasa lebih fokus dalam memoles bagian luar dari kue tar ini sedangkan bagian dalamnya terabaikan dengan perhatian yang teralihkan ini.
Hal inilah yang terkadang menjadi hambatan dan sedikit kemalasan tuk menjejali buku-buku yang semestinya mudah dilahap. Saya merasa pengetahuan itu terlalu penting tuk dicari namun terlalu sulit dengan sumber belajar dari buku dengan bahasa yang sulit dimengerti.
Padahal membaca adalah hal yang penting, karena dengan banyak membaca kita dapat banyak referensi,banyak sumber ide, inspirasi dan juga informasi. Mungkin dari kalian ada yang merasa tulisan ini jelek, dan itu juga saya sadari sebagai salah satu bentuk kesalahan saya yang kurang membaca. Kata orang, dengan banyak membaca maka tulisan akan menjadi lebih baik, lebih sistematis dan kaya akan ilmu dan pengetahuan yang baru.
So, let’s start to read everything, anything, anytime and every where. Nasihat tuk diri sendiri dan orang lain. Moga bermanfaat.

Posted from WordPress for Android

Leave a Reply

