Bahasa Inggris, Tahukah Kau Tentangmu?

Posted: February 13, 2014 in Kuliah
Tags: , ,

Dalam semua kebahasaan yang gamang, terkadang kita melupakan sebuah kesejarahan dari adanya. Dalam perkembangan bahasa Internasional pun begitu adanya. Tak ada yang mensangsikan lagi bahwa Bahasa Inggris telah digunakan mendunia, jauh melejit berkembang dalam cara yang tak lagi terpetakan.

Dalam dunia yang tersempitkan oleh teknologi ini, melihat penggunaan bahasa sebagai jalan utama penyebaran ilmu dan teknologi. Jauh sebelum Inggris mendunia, Bahasa Prancispun telah menjadi alat komunikasi antar negara, namun daya tariknya bukan pada prestise elit yang dilekatkannya. Ia terkalahkan dengan kebutuhan ilmu yang mendasari negara-negara untuk mempelajari dan menggunakan bahasa Inggris ketimbang Prancis.

Dalam perkembangannya pun Bahasa Inggris tak lebih dari sebuah lingkaran berlapis 3 yang dikemukakan oleh Kachru (1989) sebagai Inner Circle, Outer Circle dan Expanding Circle.

Kesemua itu dilandaskan pada konteks penggunaan bahasa Inggris dalam kehidupan negara penggunaan. Jika mereka menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa sehari-hari mereka, kehidupan mereka tak lepas dari bahasa tersebut maka mereka akan termasuk dalam Inner Circle. Mereka yang berada di lingkaran ini diantaranya Inggris, USA, Kanada, New Zealand dan Australia. Namun jika mereka belum menggunakan bahasa Inggris ini dalam konteks keseharian, hanya pada kegiatan pemerintahan, perekonomian, dan kegiatan resmi lainnya maka mereka akan terdaftar pada Outer Circle tersebut. Dengan penggunaan sebagai bahasa kedua atau bahasa resmi pemerintahan dan kegiatan kenegaraan lainnya, negara seperti India, Singapura, Malaysia dan Philipina berada pada lingkaran ini. Jika kemudian suatu negara ada pada zona Expanding Circle tak lain dikarenakan mereka tidak menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa sehari-hari mereka, pun tidak untuk kegiatan pemerintahan mereka. Mereka yang berdiri dalam lingkaran ini, seperti Indonesia, China, Jepang ataupun Jerman baru sebatas menempatkan bahasa Inggris dalam konteks pendidikan, cukuplah bagi mereka untuk mempelajari dan menguasainya tanpa tendesi penggunaan yang resmi mengikat.

Dalam waktu yang berjalan perubahan adalah sebuah keharusan, begitupun dalam penggunaan Bahasa Inggris itu sendiri. Negara-negara yang berada pada Expanding Circle telah mulai bergeser memasuki zona seberang yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa keduanya, katakanlah Argentina, Belgia, Belanda ataupun Arab Saudi (Graddol :1997). Hal semakin menguatkan posisi Bahasa Inggris sebagai bahasa Internasional.

Namun kekuatan itu tak serta merta memberikan jalan mulus pada perkembangan bahasa Inggris itu sendiri, Ada beberapa faktor yang menghambat penyebarannya :

  1. Kebutuhan dari Negara Penggunanya
  2. Persaingan Antar  Bahasa
  3. Sumberdaya yang Diberikan Oleh Negara pada Pengembangan Bahasa
  4. Sikap Negatif terhadap Bahasa tersebut

Nah, jika kita bisa menelaah dengan baik, maka tak ada yang dapat menentukan perkembangan suatu bahasa selain penggunanya itu sendiri. Bahkan persepsi kekinian menempatkan Bahasa Internasional itu sebagai ancaman terhadap bahasa Lokal. Keterancaman ini berdampak pada persaingan antar bahasa yang kemudian menghasilkan sikap negatif terhadap Bahasa Internasional.

Namun, mengapa Bahasa Inggris yang walau ternyata punya banyak hambatan mampu menjadi bahasa Internasional? Mengapa bukan Bahasa Prancis yang lebih dulu merajai lebih luas wilayah? ataukah Bahasa Aran yang dengan kuasanya menguasai hampir 1/3 wilayah dunia dahulu kala? Ataukah mengapa bukan Bahasa Indonesia saja yang menjadi Bahasa Internasional, toh bukannya lebih mudah dipelajari dan sifat kemunafikannya (beda tulisan beda ucapan) tak terdapat pada bahasa Indonesia ini.

Bahasa Inggris berkembang pesat hingga saat ini dikarenakan berbagai hal, namun Crystal (1997) menyimpulkan bahwa alasan utama penyebaran luar biasa dari bahasa Inggris adalah ia berada pada tempat yang tepat dan waktu yang tepat. Lebih lanjut terjelaskan bahwa Pada abad 17 dan 18 Inggris merupakan bahasa resmi dari negara kolonial penjajah terunggul saat itu yaitu Inggris Raya. Pada abad 18 dan 19, Inggris juga menjadi negara perintis Revolusi Industri yang menjadikannya Negara Industri yang memperkenalkan dan menyebarkan hasil Industrinya tentu dengan Bahasa Inggris Dan pada akhir abad 19, Bahasa Inggris merupakan bahasa resmi negara pemegang kekuatan ekonomi dunia, USA. Hasilnya, saat teknologi membawa serta kesempatan baru bagi dunia kebahasaan, Inggris menjadi bahasa peringkat pertama dalam dunia Industri yang mempengaruhi semua aspek dalam masyarakat, seperti media, iklan, penyiaran, perfilman, rekaman suara, transportasi dan juga komunikasi.

Terlepas dari faktor kesejarahan yang panjang tersebut, nampaknya Bahasa Inggris mulai menapaki masa persaingan yang berat. Era digital teknologi tak lagi memberikan proporsi utama bagi bahasa Inggris, toh aplikasi penerjemahan telah memudahkan segalanya. Tak usah mempelajari bahasa Internasionalpun kita bisa berkomunikasi dengan negara lain. Dan ini memungkinkan munculnya bahasa lain menjadi bahasa Internasional. Namun perlu diingat kemunculan bahasa Internasional membutuhkan proses yang panjang. Bukan hanya waktu namun pengguna bahasa itu juga yang menentukan masa depannya. Sebagai faktor utama yang menentukan sebuah bahasa dianggap sebagai bahasa Internasional, jumlah pengguna merupakan hal yang krusial. Hal tersebut berada di atas dari faktor pendidikan, kekuatan ekonomi negara pengguna bahasa tersebut, dan fungsi negara pengguna dalam kancah internasional.

Jika hal-hal tersebut menjadi kajian utama pengembangan sebuah bahasa, dapat disimpulkan bahwa semua aspek dari sebuah negara harus mendukung penuh penyebaran bahasa. Penggunaan bahasa tersebut secara resmi hanya bagian kecil saja, toh kita perlu membuat negara lain menggunakan bahasa kita. Maka perkembangan industri, ekonomi dan politik perlu pemantapan yang serius. Jika berhasil merajai kesemua aspek, maka paksaan untuk menduniakan bahasa nasional kita bukanlah sebuah kemustahilan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s