JANGAN rencanakan Kegagalanmu

Posted: February 27, 2014 in Asal, motivasi
Tags: , , ,

Apakah ada di antara kita yang pernah berpikir untuk merencanakan yang namanya kegagalan? Atau ada di antara kita yang dengan sengaja berusaha untuk gagal? Saya rasa jawabannya tidak ada. Bahkan dalam film atau serial tv pun kegagalan bukanlah menjadi sebuah tujuan. Dan begitupun di dunia nyata kita.
Namun banyak yang tidak menyadari, ternyata selama ini kita terkadang merencanakan untuk gagal. Atau dengan sengaja menjemput kegagalan tersebut. Kegagalan ini sering dihubungkan dengan rencana yang kita susun. Orang bijak berkata “barang siapa yang gagal berencana maka ia juga telah berencana untuk gagal“.
Mengapa kegagalan dan rencana diidentikan dengan kata gagal tersebut? Hal tersebut tak lain dikarenakan Pentingnya sebuah perencanaan. Dengan sebuah perencanaan yang baik akan ditetapkan sistem yang akan bekerja untuk mencapai sebuah tujuan yang di harapkan. Terkadang tugas yang begitu banyak, tanggung jawab dan juga permasalahan hidup yang dihadapi membuat kita tak mampu mencapai tujuan yang kita harapkan. Nah, dengan berencana dan mengatur semua hal yang terkait, kemudian melihat potensi masalah yang mungkin muncul,  kita dapat memaksimalkan potensi yang kita miliki.
Salah satu hal terpenting dalam hidup ini yang perlu sebuah perencanaan adalah waktu. Waktu yang merupakan aset berharga yang diberikan secara cuma-cuma terkadang tak dapat kita manfaatkan dengan maksimal. Tak salah orang ekonomi mengenal istilah waktu itu adalah Uang dikarenakan betapa berharganya waktu tersebut. Terlebih lagi waktu yang terlewatkan takkan pernah kembali lagi.
Dalam manajemen waktu, hal terpenting adalah bagaimana menempatkan sesuatu hal pada waktu yang tepat. Jika kita mempunyai tugas yang mendesak maka ia mempunyai prioritas waktu yang utama.  Namun, skala prioritas ini tidak serta merta membuat kita menyepelehkah tugas-tugas yang tenggat waktunya masih lama. Bahkan kebanyakan orang kecolongan dalan memanfaatkan Waktu yang ada. Banyak yang memanfaatkan teori klasik the power of kepepet yang tentu tak dapat menghasilkan kinerja yang maksimal dari kemampuan yang kita punya. Bayangkan saja, hasil kerja kita yang dalam semalam tersebut, yang mampu menyelesaikan tugas yang cukup berat itu, hanya menunjukkan kemampuan kita yang dalam level rendah. Coba kita mampu menggunakan ‘the power of kepepet itu dalam semua waktu yang kita miliki, tentu saja hasilnya akan lebih maksimal. Sedikit namun terus menerus akan lebih baik dari sekali kerja, begitupun dengan pekerjaan yang kita kerjakan dengan waktu yang tepat hasilnyapun akan lebih baik.
Berencana bukanlah hal yang mudah, karena sebagian besar kita terkadang kecewa dengan hasil yang kita peroleh. Terkadang apa yang tata rencanakan tak mencapai tujuannya. Sehingga akhirnya kita berhenti untuk berencana dan hanya berusaha saya. hal ini perlu kita hindari, jangan mudah menyerah, setidaknya hasil perencanaan kita mengajarkan banyak hal dan semua itulah yang nantinya membangun kesuksesan kita.
Mari rencanakan hidup kita, jika kita takut gagal, maka pasanglah target yang tinggi dalam rencana hingga kelak jika hasilnya belum maksimal, kita takkan sedih karena memang target kita telah memenuhi yang kita harapkan.
Kesuksesan itu berbanding lurus dengan kerja keras, jadi apapun yang akan kita lakukan, kerja keras merupakan suatu keharusan untuk mencapai kesuksesan di dalamnya. Dan saya yakin, jika kita telah melakukan segala usaha terbaik kita, kekecewaan takkan menghampiri kita. Trust me it’s true.
Thanks for reading. 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s