Jalur yang Baru

Posted: September 13, 2014 in Curcol, experience
Tags: , , ,

Ingin ku ceritakan padamu tentang ruang yang pernah kita singgahi bersama. Tentang mereka yang berlaku bak penguasa dan menjadikan kita tertindas. Entah seperti apa mereka kini, saat cerita kita terus berlanjut dalam kenang kita dan kata-kata kita masih kerap mengutuk mereka.
Dua tahun berlalu dalam ingatku kita tak lagi bersama. Kita dan perahu besar itu telah berlabuh pada dermaganya. Mengantarkan kita pada tujuan yang baru dalam misi hidup yang tak lagi sama. Kadang dalam perpisahan kita akan menjauh bahkan raga dan jiwa akan jauh terpisah dalam jarak bahkan waktu yang tak bisa kita kalahkan. Bahkan pada sebagian diri daripada jiwa yang mendapatkan pendamping hidup yang baru, menjadikan pribadi dengan tanggung jawab yang tak lagi seperti dulu. Pada mereka yang kini menjadikan hidup sebagai pengabdian ataupun pada pencarian kesempatan berkarya pada bangsa dalam baju dinas itu. Pun juga teruntuk bagian jiwa lain yang memandang kesempatan sebagai tantangan yang ia hadirkan dalam jelajah pada negeri yang sungguh-sungguh baru baginya. Juga pada diri-diri yang masih bergelut dengan keilmuan, yang membetahkan diri bersama yang lain menikmati angin pantai di kapal yang tengah berlabuh. Mereka yang terlalu menikmati buaian angin laut itu tak perlu banyak alasan tuk segera turun dari kapal itu.

Dalam kebersamaan kita yang tak singkat terkadang aku tak mengenal kalian. Hingga waktu memisah kita pada ruang yang berbeda dan kita akhirnya harus menikmati ketidaktahuan kita yang terlalu dangkal menyimpan kesan pada yang lain. Seperti goresan yang kita lukiskan pada bebatuan itu, ia terkadang tertutup rerumputan ataupun tergerus angin yang menerpa, menjadikannya hanya nampak pada waktu yang tak selalu sama. Mungkin kita merindu pada detik ini atau kita hanya menyimpan simpati pada  diri kelak yang akan kita temui.
Aku dan kita dan semua yang pernah ada dalam ruang kita yang sama, dalam waktu kapanpun terkadang kita akan merindu pada masa itu, walau tak banyak dari diriku yang bisa ku titipkan kenang pada ingatmu, namun aku bersyukur pada waktu yang menempatkan kita dalam ruang bersama ini.

Semoga kita bersama dalam titik keberhasilan diri, kembali berkumpul kelak dalam pilihan kita yang berbeda.
Salam rindu untuk teman-teman seperjuangan…
BCL 09, FBS, UNM

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s